RAMADHAN: ENGKAU DATANG JUA

Esok jika tiada aral, kita akan memulakan ibadah puasa. Sebagai bacaan tazkirah, sila klik blog ini yang berkaitan dengan puasa. Saya salinkan tazkirah pertamanya seperti di bawah:

Ayat ini sudah sangat populer: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (AlBaqarah:183)

Tapi, apakah takwa itu? 

Ada banyak definisi, salah satunya bisa kita baca dalam surat Al Baqarah: 2-4, orang yang takwa adalah orang yang:

  1. Beriman kepada Yang Ghaib 
  2. Mendirikan sholat
  3. Menafkahkan sebagian rezeki
  4. Beriman kepada Al Quran
  5. Meyakini akhirat
                                           
Definisi lainnya, “Takwa adalah kondisi dimana Allah tidak mendapatkan kamu di saat Dia melarang kamu, dan tidak kehilangan kamu di saat Dia memerintahkan kamu.“ (Imam Ali Zainal Abidin—cucu Rasulullah SAW)

Salah satu manfaat takwa adalah, “Barang siapa bertakwa kepada Allah SWT, maka Allah akan selalu memberikan kepadanya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia sangka.” (QS. Ath-Thalaaq: 2-3)

Doa hari pertama Ramadhan:

اَللّهُمَّ اجْعَلْ صِيامي فيهِ صِيامَ الصّائِمينَ وَ قِيامي فيِهِ قِيامَ القائِمينَ ، وَ نَبِّهْني فيهِ عَن نَوْمَةِ الغافِلينَ ، وَهَبْ لي جُرمي فيهِ يا اِلهَ العالمينَ ، وَاعْفُ عَنّي يا عافِياً عَنِ المُجرِمينَ .

Yaa Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. dan jauhkan aku dari tidurnya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku ... Wahai Tuhan Sekalian Alam, dan ampunilah aku, Wahai Pengampun Para Pembuat Dosa.

0 comments: